Survey Pelayanan
Informasi Publik

Search

PPID RRI

Pelatihan Digital Mindset untuk ASN

Hasanudin
01 Nov, 2023

Pusdiklat Kominfo Gelar Pelatihan Digital Mindset untuk Para ASN 

Pusdiklat Kominfo pada 10 Oktober 2023 berhasil mengadakan pelatihan Digital Mindset. Pelatihan Digital Mindset ini diikuti oleh 49 peserta yang berasal dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, LPP RRI dan LPP TVRI. Pelatihan Digital Mindset bertujuan untuk mengembangankan kapasitas digital mindset untuk mendukung proses transformasi digital di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hal ini merupakan respon dari amanat Surat Edaran MenPAN-RB Nomor 8 Tahun 2022, disebutkan bahwa Kementerian Kominfo melakukan penyiapan konten dan media pembelajaran berkaitan dengan substansi transformasi pola pikir digital. 

Pembukaan pelatihan Digital Mindset tahun 2023 dilakukan secara hybrid, online melalui Zoom maupun offline di Auditorium Pusdiklat Kominfo. Pelatihan dibuka oleh Bapak Dr. Hary Budiarto, M.Kom., IPM selaku Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kominfo, diikuti oleh laporan penyelenggaraan pelatihan Digital Mindset disampaikan oleh Kepala Pusdiklat Kementerian Kominfo oleh Bapak Drs. Baso Saleh, M.I.Kom. 

Proses pelatihan Digital Mindset diawali dengan Overviu Pelatihan Digital Mindset yang disampaikan oleh Nur Azizah, S.Si, M.Si, Widyaiswara Ahli Madya yang merupakan ketua Tim Kerja Penyelenggaraan Diklat Manajerial sebagai pelaksana pelatihan. Overviu diberikan untuk memberi gambaran mengenai dasar kebijakan pelatihan digital mindset, learning journey, aktualisasi, dan penilaian. Sesi finding inner drive oleh ACT consulting dilaksanakan pada hari kedua secara offline untuk membantu peserta menemukan inner drive dalam fungsi dan tugas nya sebagai ASN. Pelatihan akan berakhir pada tanggal 13 November 2023.

Muatan Teknis Substansi Lembaga yang juga diberikan pada pelatihan ini, diisi dari Organisasi yang berhasil menerapkan digital mindset untuk mendukung transformasi digital, yaitu Telkom sebagai representasi BUMN dan GoTo sebagai representasi perusahaan swasta. Pelatihan dilanjutkan dengan belajar mandiri melalui MOOC, dimana peserta mempelajari materi inti pelatihan digital mindset, mulai dari Pengantar Digital Mindset, Growth Mindset, Learning Organization, Data-driven Mindset, serta Digital Wellness. Setelah peserta menyelesaikan materi di MOOC, peserta dituntut untuk melakukan aktualisasi di satuan kerja masing-masing sebagai output dari pelatihan. Aktualisasi dilakukan selama 15 hari, dengan diiringi dua kali sesi coaching oleh ACT Consulting untuk membantu peserta mengatasi hambatan yang mungkin terjadi selama proses aktualisasi. Terakhir, setelah menjalani 15 hari aktualisasi, peserta diminta untuk mempresentasikan hasil aktualisasi dihadapan Evaluator.

3 Comments

  • Eleanor Fant

    So I said lurgy dropped a clanger Jeffrey bugger cuppa gosh David blatant have it, standard A bit of how's your father my lady absolutely.

  • Dominic

    David blatant have it, standard A bit of how's your father my lady absolutely.

    • Von Rails

      He nicked it get stuffed mate spend a penny plastered.!

Write a Review