Survey Pelayanan
Informasi Publik

Search

PPID RRI

TNI Menggelar Penampilan Spektakuler Dalam Memeriahkan HUT ke-78

Hasanudin
09 Oct, 2023

Jakarta, 9 Oktober 2023 - Peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) 2023 telah memasuki tahun ke-78, yang jatuh pada hari Kamis (5/10/2023). Peringatan HUT TNI setiap tahunnya itu ditetapkan berdasarkan sejarah terbentuknya TNI pada tanggal 5 Oktober 1945. Di tahun ini, TNI mengusung tema “TNI Patriot NKRI: Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”. Tema ini memiliki makna bahwa TNI sebagai patriot NKRI akan senantiasa menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI, serta mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang maju, mandiri, dan sejahtera.

Para anggota TNI menampilkan beberapa penampilan seperti drumband dari Akademi Militer, parade dari setiap instansi TNI, pertunjukkan berbagai jenis pesawat, helikopter, pesawat tempur, atraksi udara terjun payung, memamerkan 125 Alutsista (Alat Peralatan Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia). Pertunjukkan tersebut diselenggarakan pukul 07.00 dari Silang Monas, Jakarta Pusat. Adapun Defile yang diwarnai dengan lagu ‘Ayo Ngopi’ karya Jenderal Dudung dan atraksi ini dipimpin langsung oleh Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda TNI Edwin. Kemudian menampilkan Kolose Senapan, yaitu atraksi menggunakan senapan laras panjang dari 687 prajurit.Aspers Panglima menyebut atraksi itu istimewa karena menjadi ajang pemecahan rekor MURI saat HUT ke-78 TNI.

Tidak hanya menampilkan pertunjukan, nantinya terdapat juga pembagian sembako yang diberikan awak TNI yang membuat warga lebih antusias menyaksikan perayaan HUT TNI ke-78. Terdapat 55.000 paket sembako yang akan dibagikan kepada masyarakat. “Setelah kegiatan pelaksanaan upacara, nanti akan disiapkan sepanjang jalan mulai dari Monas sampai Bundaran HI,” ujar Aspers Panglima TNI.

(Penulis: Rifad Zubedi, Pramitha Putri A.A/Mahasiswa Universitas Persada Indonesia YAI)

3 Comments

  • Eleanor Fant

    So I said lurgy dropped a clanger Jeffrey bugger cuppa gosh David blatant have it, standard A bit of how's your father my lady absolutely.

  • Dominic

    David blatant have it, standard A bit of how's your father my lady absolutely.

    • Von Rails

      He nicked it get stuffed mate spend a penny plastered.!

Write a Review