Survey Pelayanan
Informasi Publik

Search

PPID RRI

RRI Buka Program Magang Kampus Merdeka Kerjasama Dengan Kemendikbud Ristek RI

Hasanudin
25 Jun, 2022

Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti pelatihan reporter, menulis berita di media online dan audio visual. Direktur Layanan dan Pengembangan Usaha RRI Yonas Markus Tuhuleruw, mengatakan pelatihan ini merupakan kerjasama antara LPP RRI dengan Program Kampus Merdeka, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Menurutnya ada sekitar 50 orang Mahasiswa dari semua jurusan yang dapat ditampung mengikuti program ini, dengan syarat sudah duduk di semester 5 ke atas.  RRI akan mendidik para mahasiswa untuk bisa menjadi wartawan yang mampu menjadi reporter radio, menulis berita di media online, dan audio visual. 

Pelatihan yang akan berlangsung di Jakarta digelar selama satu semester atau 5 bulan, setara dengan 20 SKS, dimana pada 2 bulan pertama mahasiswa magang ini akan mendapat teori & praktek jurnalistik audio, jurnalistik media online dan jurnalistik audio visual.  Selanjutnya selama 3 bulan, mahasiswa akan dikembalikan ke kampus untuk bertugas melakukan peliputan dan mengirimkan hasil liputan ke RRI bertindak sebagai koresponden RRI sesuai dengan penugasan yang diberikan.  

Sementara itu Direktur Program dan Pemberitaan LPP RRI, Mistam mengatakan, program Magang Kampus Merdeka ini sangat penting bagi RRI juga bagi mahasiswa sebagai generasi muda. Di satu sisi, RRI  berharap bisa mendapatkan sumber daya manusia yang unggul kelak dan mahasiswa bisa memperoleh ilmu dan pengalaman praktis di bidang media. Alumni peserta magang tidak harus bekerja di RRI. Mereka bebas berkarir dimanapun.

Lebih lanjut Mistam mengatakan bahwa program magang ini juga merupakan salah satu pengejawantahan RRI sebagai media penyiaran publik. RRI berusaha melibatkan sebesar besarnya peran serta masyarakat dan memberi kesempatan seluas-luasnya bagi anak bangsa untuk ikut serta membangun RRI.

Pendaftaran peserta magang dibuka mulai Rabu 22 Juni 2022 sampai 10 Juli 2022 melalui https://bit.ly/MSIB3RRI2022. Peserta yang lolos akan diumumkan tanggal 20 Juli 2022. Sedangkan pelaksanaan magang akan dilakukan mulai 1 Agustus-20 Desember 2022.

3 Comments

  • Eleanor Fant

    So I said lurgy dropped a clanger Jeffrey bugger cuppa gosh David blatant have it, standard A bit of how's your father my lady absolutely.

  • Dominic

    David blatant have it, standard A bit of how's your father my lady absolutely.

    • Von Rails

      He nicked it get stuffed mate spend a penny plastered.!

Write a Review