Survey Pelayanan
Informasi Publik

Search

PPID RRI

Pancasila Ditengah Modernisasi: "Dialog Inspiratif Bersama Bapak Romo Benny Susetyo di Sana Sini Podcast"

Hasanudin
27 Oct, 2023

Jakarta, 27 Oktober 2023 - Dalam segmen kedua di episode pertama Sana Sini Podcast, menampilkan seorang pembicara yang sangat terhormat, yaitu Bapak Romo Antonius Benny Susetyo. Beliau merupakan seorang pastor divis kerukunan dan kemanusiaan sekaligus anggota BPIP, memiliki pemahaman mendalam tentang Pancasila dan peranannya di tengah modernisasi.

 

Bapak Romo Benny Susetyo berbicara tentang pentingnya Pancasila di era modernisasi yang tengah kita alami. Dalam episode ini, Bapak Romo Benny Susetyo membahas bagaimana Pancasila dapat diimplementasikan dalam berbagai aspek kehidupan modern. Pembahasan Pancasila ditengah modernisasi adalah topik yang sangat penting, terutama dalam konteks perkembangan masyarakat dan negara saat ini. Pancasila adalah dasar negara Indonesia, dan memahami bagaimana nilai-nilai ini berperan dalam perubahan modernisasi adalah esensial.

 

Romo Benny menjawab pertanyaan dari kedua host “Apa sih arti sebenarnya membumikan Pancasila?”. “Ya kalau kita membumikan Pancasila itu keren kan, mengenai nilai-nilai universal, ada nilai ketuhanan, kemanusiaan, kesatuan, kerakyatan, keadilan. Dan nilai itu menjadi nilai etis bersama” “Makanya kalau orang mencintai Tuhan, mencintai sesamanya, maka orang tidak boleh menggunakan kata kasar, membully. Kan sekarang bully lagi marak, anak kecil juga kena prank”.

 

Ia juga memberikan wawasan tentang bagaimana masyarakat dapat memahami dan menerapkan Pancasila dalam konteks sehari-hari. “Contoh ya, anak SD di Bandung melihat temannya yang membutuhkan sepatu. Kalau dia berjiwa Pancasila, ia akan mengumpulkan dana. Dia bikin konten di aplikasi yang bernama Tiktok, ditonton oleh 3 Juta orang itu membangkitkan rasa bahwa orang yang mencintai orang paling lemah, kecil, itu mencintai tuhannya”, “keren kan”, “jadi Pancasila itu roso”.

 

Pembahasan lebih lanjut dapat disaksikan pada Youtube channel RRI Net dan RRI Digital, yang dipublikasikan pada Minggu, 22 Oktober 2023.

 

Penulis: Pramitha Putri Ayu Azzahra

3 Comments

  • Eleanor Fant

    So I said lurgy dropped a clanger Jeffrey bugger cuppa gosh David blatant have it, standard A bit of how's your father my lady absolutely.

  • Dominic

    David blatant have it, standard A bit of how's your father my lady absolutely.

    • Von Rails

      He nicked it get stuffed mate spend a penny plastered.!

Write a Review