Survey Pelayanan
Informasi Publik

Search

PPID RRI

Revolusi Nilai Pancasila di Era Modernisasi: Percakapan Mendalam dengan Danar Widianto dan Kanza Hanif di Sana Sini Podcast

Hasanudin
27 Oct, 2023

Jakarta, 27 Oktober 2023 - Sana Sini Podcast adalah program podcast yang diproduksi oleh Radio Republik Indonesia (RRI), lembaga penyiaran nasional Indonesia. Dalam episode pertamanya, podcast ini membahas “Pancasila ditengah Modernisasi” bersama Bapak Romo Benny Susetyo seorang Tenaga Ahli Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Juga bersama Danar Widianto (Jebolan X-Factor) dan Kanza Hanif (pelajar berprestasi).

 

Episode ini membahas tentang konsep-konsep dasar Pancasila dan bagaimana nilai-nilai yang dapat relevan dan berperan dalam masyarakat yang semakin global dan berubah. Segmen pertama dengan Danar Widianto juga Kanza Hanif. Menurut Danar “Pancasila perlu dipahami dan dari kecil perlu dipupuk”, “Sila ke-1 yang berhubungan dengan pola pikir musisi, karena menjadi musisi harus memiliki tuhan juga”, “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, di lagu ‘Dulu’ karena menceritakan tentang bullying”, ujarnya.

 

Hanif pun turut menjawab “Contoh dari ketidakadilan itu misal di sekolah ada orang dalam lalu berperilaku tidak adil. Kayak anak kesayangan guru, yang diistimewakan”. Lalu ketika ditanya ‘Pancasila itu hanya perlu dihafal atau gimana sih?’, “Pancasila itu dasar negara yang patokannya dari kehidupan kita sehari-hari, oleh karena itu Pancasila tidak boleh hanya sekedar dihafal doang harus dipahami, diuraikan kembali”, ujarnya.   

 

Saksikan lebih lanjut dari Sana Sini Podcast, yang mudah diakses di mana saja dan kapan saja, hanya di Youtube channel RRI Net dan RRI Digital.

 

 

Penulis: Pramitha Putri Ayu Azzahra

3 Comments

  • Eleanor Fant

    So I said lurgy dropped a clanger Jeffrey bugger cuppa gosh David blatant have it, standard A bit of how's your father my lady absolutely.

  • Dominic

    David blatant have it, standard A bit of how's your father my lady absolutely.

    • Von Rails

      He nicked it get stuffed mate spend a penny plastered.!

Write a Review