Survey Pelayanan
Informasi Publik

Search

Detail Informasi

Berkala
KBRN Manokwari : Uji Kompetensi Keahlian Indikator Kemampuan Siswa SMKN 2 Manokwari

PPID:

PPID Manokwari

Kode:

PPID-RRI/66/290424-727332-2

Deskripsi

KBRN, Manokwari: Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, SMKN 2 Manokwari menyelenggarakan  kegiatan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bagi siswa kelas XII serta uji laporan magang kelas XIII Teknik Geologi Tambang program 4 tahun, pada Tahun Pelajaran 2023/2024. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi indikator kemampuan siswa setelah menjalani proses pembelajaran selama 3 hingga 4 tahun.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMKN 2 Manokwari Regina Wutoy menyampaikan harapan bagi peserta didik agar mampu menunjukkan pencapaian kompetensi yang memuaskan, sesuai dengan standar kompetensi SMK yang telah ditetapkan oleh Standar Kualifikasi Nasional Indonesia (SKKNI). Ujian ini juga diharapkan menjadi indikator bagi industri sebagai mitra kerja, serta OPD terkait, dalam menilai kualitas lulusan SMKN 2 Manokwari.

“ Kegiatan UKK ini akan berlangsung selama 3 hari, sementara uji laporan akhir akan dilakukan dalam 2 hari, “ Kata Regina Wutoy.

Hasil dari ujian ini diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi industri dan OPD terkait mengenai kompetensi yang dimiliki oleh siswa SMKN 2 Manokwari. Hal ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk meningkatkan program pendidikan guna lebih sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.  Proses UKK merupakan asesmen terhadap pencapaian kualifikasi kompetensi KKNI level 2 atau 3, yang diselenggarakan pada akhir masa studi. Pelaksanaan UKK di SMKN 2 Manokwari dilakukan dengan skema mandiri bersama mitra dunia kerja, sebagai upaya untuk memastikan bahwa siswa telah mencapai standar kompetensi yang diharapkan.

Dalam pembukaan tersebut, juga dilaporkan bahwa kegiatan ini didanai melalui dana BOS, dana Komite, serta subsidi dari orang tua siswa sebesar 150 ribu rupiah per siswa, untuk Tahun 2024. Hal ini menunjukkan komitmen bersama dari berbagai pihak dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan di SMKN 2 Manokwari. 

  • Dilihat: 9 kali

  • Didownload: 6 kali

Akses Informasi Dengan Aplikasi PPID.