Survey Pelayanan
Informasi Publik

Search

Detail Informasi

Berkala
KBRN Semarang : Menjadi MC yang Baik, Perhatikan Empat Hal Ini

PPID:

PPID Semarang

Kode:

PPID-RRI/8/200223-359358-2

Deskripsi

Menjadi MC yang Baik, Perhatikan Empat Hal Ini

  • Oleh: Sudarsono - Editor: sigit budi riyanto - 20 Jan 2023 - 22:02
  •  
  •  Semarang

BERI PAPARAN : Humas Unwahas Semarang Danny Saputra SHub Int saat memberi sambutan dalam pelatihan MC di ruang rapat lantai enam gedung Dekanat Unwahas, Jumat (20/1/2023).

KBRN, Semarang : Keberadaan seorang master of ceremonies (MC) atau pembawa acara dapat menentukan kelancaran dan kesuksesan sebuah kegiatan. Karenanya, pembawa acara harus memiliki keterampilan berbicara didepan umum. 

Setidaknya ada empat hal yang perlu diperhatikan bila ingin menjadi seorang MC. Demikian diungkapkan Humas Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang Danny Saputra SHub Int saat memberikan paparan dalam pelatihan MC di ruang rapat lantai enam gedung Dekanat Unwahas, Jumat (20/1/2023). 

"Ada empat hal yang harus diperhatikan untuk menjadi seorang MC. Pertama persiapkan materi dengan baik, kedua memahami materi, ketiga itu percaya diri, dan keempatnya ialah datang lebih awal," ungkap pria yang akrab disapa Ibenk dalam pelatihan MC yang diikuti tenaga kependidikan Unwahas tersebut. 

Pria yang pernah menjadi penyiar radio Sonora ini mengemukakan, MC juga harus tahu siapa tamu pejabat yang datang, apa itu gelar atau pangkatnya. "Harus tahu siapa yang memberikan sambutan terlebih dulu. Dalam greeting (ucapan salam-red), menyapa tamu undangan diurutkan dari jabatan tertinggi ke terendah," ungkapnya. 

Menurut dia, Unwahas akan semakin banyak kegiatan, sehingga tenaga kependidikan dan nantinya mahasiswa kampus juga perlu dipersiapkan menjadi MC. "Beberapa kegiatan harus ada MC, padahal MC-nya terbatas. Karenanya, pelatihan MC ini penting untuk membekali keterampilan berbicara kepada tenaga kependidikan," ungkapnya. 

Pelatihan MC dan Menulis Berita ini dibuka Rektor Unwahas Prof Dr KH Mudzakir Ali MA. Kepala Bagian Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan Humas, Dr Bahrul Fawaid SHI MSi hadir dalam kesempatan itu. (Royce)

  • Dilihat: 164 kali

  • Didownload: 0 kali

Akses Informasi Dengan Aplikasi PPID.